SEPERTI INILAH CARA GENSET BEKERJA

By | June 26, 2020

 

Genset sudah menjadi alat bantu sebagai sumber listrik ketika mati lampu yang kini sudah dimiliki oleh berbagai kalangan, mulai dari pemilik industri, pengusaha hingga masyarakat biasa.

Sebagai daya listrik cadangan, ada baiknya mengetahui bagaimana prinsip kerja genset agar Anda tidak salah dalam mengoperasikannya dan tahu cara memakainya dengan baik dan benar. Simak penjelasan berikut, supaya Anda bisa mengerti cara kerja genset.

Untuk mengetahui cara kerja genset, Anda juga harus mengetahui komponen utama yang bekerja untuk menghasilkan energi listrik. Komponen tersebut diantaranya adalah engine, alternator, fuel system, voltage regulator, coolingan dexhaust system, lubrication system, battery charger, control panel dan main assembly.

Tujuan mengetahui komponen tersebut adalah, jika sewaktu-waktu terjadi gangguan pada genset, dan Anda sudah mengetahui dasar-dasar genset, maka Anda bisa memperbaiki gangguan tersebut tanpa harus memanggil teknisi. Dan juga sembilan komponen di atas akan saling mendukung agar genset bisa menghasilkan listrik yang sesuai dengan kebutuhan atau kapasitas yang diperlukan.

Setelah mengerti komponen-komponen pada genset, Anda juga harus mengetahui prinsip kerja pada genset. Prinsip kerja genset sendiri adalah mengubah tenaga mekanis menjadi tenaga listrik melalui proses induksi elektromagnetik. Alternator atau penghasil arus bolak-balik (AC) menyuplai tenaga listrik saat terjadinya gangguan yang tidak diinginkan.

Suplai tersebut nantinya akan digunakan untuk beban prioritas, sedangkan genset merupakan bagian dari generator. Sistem generator terdiri dari panel, yang memiliki energi yang berasal dari bahan bakar seperti solar, diesel atau kincir angin.Genset bisa Anda nyalakan saat terjadi pemadaman listrik dan mulai beroperasi ketika listrik mati dalam waktu sepuluh detik. Dalam sepuluh detik ini, tenaga listrik dialihkan agar mengalir dari mesin sehingga listrik bisa menyala kembali.

Jika Anda sudah menyimak beberapa penjelasan di atas, pasti Anda bisa mengerti tentang genset, mulai dari komponen, cara kerja, hingga prinsip kerja genset yang wajib di ketahui. Untuk mengetahui rental genset bisa mengunjungi Sewatama untuk mendapatkan informasi yang lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *