Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Ketiak

By | July 29, 2020

cara mengatasi bau ketiak

Bau badan terutama di bagian ketiak merupakan salah satu masalah yang dihadapi hampir oleh setiap orang. Penyebab dari bau ketiak ini juga cukup beragam. Salah satunya adalah karena timbulnya kuman yang bercampur dengan keringat dan kotoran sehingga menimbulkan bau. Oleh karena itu di negara negara dengan iklim tropis yang cukup panas seperti Indonesia seringkali kita jumpai orang yang mengalami masalah bau ketiak ini.

Bau ketiak ini memang cukup merugikan. Selain akan mempengaruhi penampilan serta mengurangi rasa percaya diri, bau menyengat yang timbul juga bisa mengganggu orang lain yang berada di sekitaranya. Karena itu bagi kita yang mengalami masalah bau ketiak akan lebih baik jika berusaha mengatasi atau menghilangkan bau ketiak tersebut.

Untuk cara mengatasi bau ketiak sendiri ada berbagai macam metode yang bisa kita pakai. Bisa menggunakan metode alami maupun kimiawi semua sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa contoh cara mengatasi bau ketiak yang mungkin bisa anda coba dan terapkan :

1. Selalu jaga kebersihan tubuh
Salah satu penyebab dari bau ketiak adalah adanya kotoran yang bercampur dengan keringat sehingga salah satu cara mudah untuk mengatasinya adalah dengan senantiasa menjaga kebersihan tubuh kita. Untuk menjaga kebersiah ini misalnya saja bisa dilakukan dengan mandi secara teratur setiap harinya.

2. Gunakan Pakaian yang Sesuai
Untuk mencegah timbulnya keringat berlebih pada tubuh terutama pada bagian ketiak sebaiknay kita menggunakan pakaian dengan jenis bahan yang sesuai. Misalnya jika kita berada dilingkungan yang suhunya cukup panas usahakan menggunakan pakaian dari bahan yang memungkinkan kulit kita bernapas. Untuk itu kita bisa memilih pakaian dari bahan katun ataupun linen. Pastikan juga kita tidak menggunakan pakaian yang modelnya terlalu ketat karena bisa menimbulkna biang keringat yang juga cukup mengganggu tubuh kita.

3. Menggunakan Deodoran
Cara paling umum yang biasa orang lakukan dalam mengatasi bau badan terutama di bagian ketiak adalah dengan menggunakan deodoran. Kandungan beberapa zat dalam deodoran ini selain bisa membunuh bakteri dan kuman penyebab bau badan juga bisa bermanfaat sebagai pewangi tubuh. Akan tetapi sebelum memilih deodoran untuk dipakai pastikan dulu jika deodoran tersebuts esuai dengan kulit kita. Hal ini karena ada jenis kulit tertentu yang terlalu sensitif dan bisa mnegalami iritasi saat memakai deodoran.

4. Menggunakan Bedak
Salah satu cara lain yang bisa dilakuan untuk menghilangkan bau badan adalah dengan menggunakan bedak. Bedak ini berfungsi untuk mencegah keringat. Penggunaan bedak ini seringkali dipakai pada anak anak.

4. Menggunakan Bahan Bahan Alami
Cukup banyak bahan bahan alami yang bisa kita pergunakan untuk mengatasi bau badan dan juga bau ketiak. Diantara beberapa bahan alami yang umum dan sering dipakai antara lain adalah daun sirih, jeruk nipis, mentimun, bawng putih dan cengkeh. Untuk cara penggunaanya juga cukup bervariasi. Misalnya untuk daun sirih kita gunakan dengan cara merebus dan menggunakan air hasil rebusannya untuk mendi. Semantara untuk bawang putih dan jeruk nipis bisa dipergunakan dengan cara mengoleskannya pada ketiak. Sedangkan untuk cengkeh cara penggunaanya adalah dengan meminum air rebusan dari bunga cengkeh.

Jika berbagai upaya telah kita lakukan akan tetapi bau ketiak ternyata belum hilang hilang juga maka mungkin saja kita mengalami gangguan kesehatan lainnya. Dan jika itu terjadi akan lebih baik jika kita berkonsultasi dengan dokter yang sesuai.

Leave a Reply