Makanan Khas Bandung Yang Terkenal

By | May 4, 2021

Kota Bandung merupakan daerah yang terkenal dengan wisata alam, kuliner, dan keramahan penduduknya. Jika membicarakan keindahan kota Bandung memang selalu menjadi hal yang menarik untuk dibahas. Selain memiliki banyak tempat wisata yang indah, kota Bandung juga terkenal dengan kekayaan kulinernya, banyak sekali makanan khas Bandung yang bisa membuat kalian ketagihan jika mencicipinya. Makanan khas Bandung juga bervariasi, mulai dari makanan berat, tingan, bahkan Bandung juga memiliki minuman khasnya. Nah untuk itu, untuk anda yang ingin menu buka puasa kali ini beripa makana khas bandung kami akan memberikan informasi seputar daftar makanan khas Bandung yang terkenal, penasaran seperti apa? Simak ulasannya sebagai berikut.

1.Seblak

Makana khas Bandung yang pertama adalah seblak, makanan ini sangat populer di daerah Bandung dan saat ini seblak juga sudah terkenal di berbagai daerah di Indonesia loh. Banyak sekali wisatawan yang mengincar seblak ketika berkunjung ke kota Bandung. Seblak sendiri adlah makanan yang terbuat daru kerupuk yang diolah dengan cara direbus, lalu dicampur dengan racikan bumbu pedas yang terdiri dari cabai. Seblak juga bisa dicampur dengan sayuran, telur, ayam, boga bahari dan daging sapi. Saat ini seblak menjadi peluan bisnis kuliner yang cukup menjanjikan.

2.Nasi Tutug Oncom

Mungkin bagi kalian orang yang awam terhadap kuliner, nasi tutug oncom masih terdengar asing. Tetapi di Bandung sendiri nasi tutug oncom merupakan makanan lezat yang sangat terkenal. Sesuai dengan namanya, makanan ini dibuat dengan nasi, dicampur bumbu oncom, dan campuran tepung tapioka. Yang lebih unik dari makanan ini adalah dari segi pengolahannya, yaitu dengan cara dibakar. Nasi tutug oncom sangat nikmat jika disantap dengan menggunakan sambal, kerupuk, dan ditambah dengan sayuran. Nasi tutug juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda memulai usaha kuliner, atau bisa saja kalian menambahkan menu nasi tutug ke rumah makan kalian.

3.Nasi TImbel

Selanjutnya ada nasi timbel yang memiliki rasa nikmat, makanan ini juga berasal dari Bandung. Saya sangat merekomendasikan nasi timbel sebagai makanan yang tidak boleh dilewatkan untuk dicoba jika kalian berkunjung ke kota Bandung. Pada dasarnya nasi timbel adalah nasi putih biasa, yang membuatnya berbeda yaitu disajikan saat sedang panas, dan dibungkus menggunakan daun pisang. Yang membuat makanan ini sangat dirindukan adalah aromanya, kalian bisa terbawa suasana seolah sedang berada di daerah pedesaan Sunda jika mencium aroma nasi timbel. Maka dari itu kalian tidak boleh melewatkan kuliner yang satu ini.

4.Karedok

Kalau makanan ini sih kalian sudah pasti mengetahuinya bukan? Ya, karedok merupakan makanan khas Bandung yang bahkan sudah terkenal di hampir seluruh daerah di Indonesia. Sebagian besar bahan makanan ini dibuat dengan sayuran seperti tauge, ketimun, kacang hijau, kol, daun kemangi dan terong. Yang membuat makanan ini sangat lezat yaitu bumbu kacangnya yang khas. Bumbu kacang senditi dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam dan juga terasi. Untuk mencicipi karedok kalian tidak perlu jauh-jauh datang ke kota Bandung, sebab makanan ini sudah banyak ditemui di luaran daerah Jawa Barat dengan penyebaran yang merata. Makanan ini juga memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar, makanan khas Bandung yang terkenal. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *