Kucing-kucing tentunya mempunyai selera makanannya sendiri-sendiri baik itu kucing domestik maupun kucing ras seperti Anggora, Persia, Brithish dan sebagainya. Pecinta hewan terutama kucing tentunya akan melakukan hal yang terbaik untuk anabulnya. Nutrisi dari berbagai makanan kucing yang ada tentunya berbeda antara satu dengan yang lainnya. Saat ini makanan kucing berbagai merek mulai bermunculan mulai dari makanan yang mulai mahal sampai murah meriah.

Menjadi pertanyaannya sekarang apakah semua merek dan bahan dari makanan kucing itu menyukainya, apakah ada cara untuk memilih makanan kucing yang baik dan tentunya kucing kita bisa menyukainya, yuk simak beberapa tips memilih makanan kucing yang baik dan benar supaya Anda tidak bingung lagi.

Pilihan berdasarkan tipe

Tipe makanan pada kucing terdapat 2 macam, diantaranya makanan kering dan makanan basah, keduanya tentunya memiliki keunggulan dan kekurangan pada masing-masing jenis, mari simak beberapa keunggulan dan kelemahan.

1. Makanan kucing kering: Sangat cocok untuk makanan utama kucing

Sifatnya yang kering pada makanan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan utama kucing. Selain memiliki sifat yang kering dan jjga tahan lama, makanan kering kucing ini bisa melatih gigi kucing untuk berperan dalam mencegah akumulasi plak.

Makanan kering ini biasanya diberikan kepada kucing yang sudah berumur satu tahun atau satu tahun lebih. Anda bisa menggunakan dispenser makanan untuk menaruh makanan untuk volume yang cukup besar. Jika kucing Anda tidak begitu suka dengan makanan yang kering, maka Anda bisa juga menambahkan sedikit ait pada makanan kering Anda agar tekstur dari makanan ini tidak begitu keras.

2. Makanan basah: tekstur yang mudah digigit dan mudah dicerna

Kebanyakan kucing sangat suka dengan makanan basah ini, makanan basah ini lebih banyak memiliki vitamin yang lebih banyak dibanding dengan makanan basah, pada makanan basah juga memiliki lebih banyak varian rasa dari pada makanan basah.

Makanan basah ini sangat dianjurkan diberikan kepada kucing yang sedang turun nafsu makannya dan juga kepada kucing yang sudah lemah daya gigitnya. Namun makanan basah ini cepat sekali basi dan tidak tahan lama karena bahan yang digunakan.

3. Mix makanan, Makanan basah dan makanan kering dicampur

Makanan pada kucing juga bisa dicampur dengan berbagai varian. Kucing juga memiliki nafsu makan yang bisa naik dan turun pada waktu tertentu. Kucing juga bisa merasakan bosan dengan makanan yang mereka makan.

Salah satu makanan yang bisa di mix agar bisa menambah nafsu makan anabul adalah makanan kering yang biasanya terbuat dan berbahan dasar dari ikan salmon bisa ditambah dengan makanan basah yang berbahan daasar ayam. Untuk memenuhi nutrisi yang ada pada anabul sebaiknya pilihlah makanan yang berbeda kandungan.

Untuk memebuhi kandungan anabul maka kita bisa memilih salah satu makanan kucing yang sudah banyak dipakai misalnya Ori Cat Kitten, makanan ini sudah tidak diragukan lagi pada kalangan pecinta kucing. Untuk memenuhi kebutuhan anabul kita sangat perlu diperhatikan makanan dan juga kesehatan pada anabul. Kesehatan anabul bagi para pecinta anabul itu sangat penting.