Kreasi Warna Cat Rumah Minimalis

By | March 19, 2020

Bicara mengenai pembangunan rumah bukanlah perkara yang sederhana bukan? Memerlukan persiapan dari bahan utama sampai hal finishing. Berbicara mengenai finishing, inila yang gampang-gampang susah. Salah satunya yakni pemilihan warna cat rumah. Bagaimana bisa? Ya, warna cat rumah merupakan salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan. Mengapa? Karena pemilihan warna cat akan memengaruhi kesan atau nuasa dari bangunan rumah tersebut. Tentu, tidak ingin bukan rumah yang dibangun dengan model yang sesuai keinginan, akan tetapi pemilihan warna yang tidak tepat.

Mengenai pemilihan warna cat rumah yang saat ini sedang populer yakni rumah model minimalis, tentu tak jarang menjumpai rumah model tersbeut dengan warna abu-abu. Ya, warna abu-abu inilah yang sanagt mendominasi rumah dengan model minimalis. Padahal, wanra abu-abu tersbeut bukanlah warna yang harus aplikasikan pada bangunan rumah dengan model minimalis. Masih banyak lagi warna-warna yang dapat dialikasi pada bangunan rumah model minimalis agar tampak simpel, dan elegan.

Kreasi Warna Cat Bagian Depan

Pada bangunan rumah dengan model minimalis, ketika sudah tahap finsihing, salah satunnya pengecatan. Hal yang perlu diperhatikan yakni pemiliha warna cat utama. Dalam pemilihan tersebut hal yang perlu diperhatikan yakni bentuk rancangan bangunan, seperti lekukan dan aksen yang akan ditimbulkan. Setelah mengetahui hal tersebut, barulah menentukan warna cat utama. Beberapa rekomendasi warna cat untuk rumah minimalis bagian depan, diantaranya:

  1. Abu-abu terang ataupun gelap
    warna abu-abu terang akan memberikan kesan feminim, ringan, dan cukup terng bagi bangunan rumah. Sedangkan warna abu-abu gelap akan memberikan kesan tegas dan maskulin. Kombinasi kedua warna ini cocok bagi rumah dengan model minimalis.
  2. Putih polos
    Rumah dnegan model minimalis yang diberi warna cat putih polos akan memberikan lesan luas bagi bangunan tersebut. Selain itu, dapat memberikan kesan terang dan bersih. Agar tidak terkesan monoton, dapat dikombinasikan pemakaian furniture dengan warna yang lebih gelap. Atau dapat pula memberikan warna gelap (cokelat, hitam, abu-abu gelap) pada bingkai jendela atau pintu yang terbuat dari kayu.

Kreasi Warna Cat Bagian Dalam

Untuk pemilihan warna cat rumah minimalis bagian dalam, usahakan memilih warna yang lebih ringan dari warna bagian depan. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari ruangan

terkesan gelap ataupun kelam. Penggunaan warna pastel sangatlah tepat untuk bangian dalam. Atau juga dapat memberi satu warna saja bagai sisi dinding yang berbeda untuk menghindari warna yang monoton.

  1. Ruang tamu
    Pada bagian ruang tamu pilihlah warna yang ringan dan terang, seperti warna-warna pastel. Hal tersbeut dilakuakn utuk menghindari kesan gelap bagi tamu yang kunjung.
  2. Ruang tengah
    Pada bagian ini dapat diberikaan kombinasi warna yang berbeda pada satu sisi dinding untuk mencegah terjadinya warna yang monoton. Pilihlah warna untuk sisi tersbeut yang lebih gelap atau mencolok.
  3. Ruang tidur
    Untuk ruang tidur dapat menggunakan warna yang sesuai selera penghuninya. Karena ruang tidur bersifat lebih pribadi, sehingga lebih menyesuaikan keinginan ataupun gaya dari penghuninya. Agar lebih terkesan minimalis, dapat menonjolkan pada furnituture yang digunakan di dalamnya.
  4. Kamar mandi
    Pada kamar mandi, dapat menggunakan warna biru untuk menunjukan kesan yang segar.
  5. Dapur dan ruang makan
    Pada bagian dapur dan ruang makan, dapat menggunakan warna yang terang dan cerita untuk meningkatkan mood.

Demikian, kreasi warna cat rumah minimalis yang dapat menambah keindahan dan tentunya kenyamanan. Untuk mengkreasikan warna cat rumah minimalis, Cat Rumah Asian Paints menyediakan ribuan warna terbaik untuk rumah idaman!