Ketahui Tujuan dan Jenis Word Formation dalam Bahasa Inggris

By | 14 Januari 2022

Word formation sendiri merupakan proses pembentukan kata dengan diberi awalan (prefix) ataupun akhiran (suffix) untuk memberikan sebuah makna atau arti yang baru. Proses pembentukan kata ini tentu akan menghasilkan sebuah kata baru dan memiliki makna yang berbeda dengan kata awal atau kata dasarnya. Karena pada dasarnya teori word formatting ini mempelajari bagaimana suatu kata baru bisa terbentuk yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 

Tujuan Word Formation dalam Bahasa Inggris

Dengan adanya word formatting juga dapat memberikan gambaran mengenai keaslian dalam sebuah kata. Word formatting memiliki tingkat kesulitan yang tinggi sehingga tidak disampaikan di bangku sekolah. Karena mengingat sangat banyak sekali kosakata yang dimiliki bahasa Inggris yang membuat para siswa merasa kebingungan dalam menyusun katanya. Oleh karena itu para ahli membagi word formation kedalam beberapa aturan pola yang dimiliki oleh setiap kata tujuannya untuk lebih memudahkan siswa dalam mempelajari materi word formatting ini. 

Jenis Word Formation dalam Bahasa Inggris

Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut ini akan disajikan informasi terkait pembagian jenis word formatting sesuai dengan pola katanya: 

Conversation 

Conversation ini tidak mengubah bentuk kata aslinya dari kata yang digunakan. Contohnya pada kata “bottle”, kata tersebut merupakan kata benda namun dapat berubah menjadi kata kerja seperti : “Can you bottle the war” (bisakah kamu memasukkan air kedalam botol itu?)

Inflection 

Dalam inflection Anda hanya perlu menambahkan imbuhan di akhir dengan huruf “s”. Contohnya : “Bunga gives so much chocolates to his mother” (Sana memberi banyak cokelat untuk ibunya). Dalam kalimat tersebut inflection terlihat pada kata “gives” dan “chocolates” 

Coinage 

Coinage ini merupakan word formation dengan cara menyebutkan sebuah kata untuk mewakili kata asalnya. Coinage ini sering disebutkan sebagai merk terkenal karena untuk mewakili  nama barang tertentu. contoh dari coinage yaitu “can you give me Aqua?” (bisakah Anda memberi saya air?”

Setelah Anda mengetahui mengenai pengertian word formation yang baik dan benar. Sekarang saatnya Anda memperdalam materi word formation agar mampu memahaminya dengan lebih baik lagi. Anda dapat memperdalam ilmu mengenai word formation dalam lembaga kursus bahasa Inggris EF (English First). Dalam EF tersedia ribuan kata word formation beserta penjelasannya. Cek keseruan belajar Bahasa Inggris dengan EF melalui laman Http://www.ef.co.id/ sekarang juga! 

Tinggalkan Balasan