Inilah Beberapa Pilihan Cara Buat Disinfektan yang Bisa Kita Terapkan

By | 13 Juni 2022

Memiliki tubuh yang sehat tentunya adalah harapan semua orang. Dengan tubuh yang sehat berbagai kegiatan bisa kita lakukan dengan optimal. Untuk menjaga kesehatan sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari menjaga pola makan, berolahraga hingga melakukan usaha agar tidak terkena jenis penyakit tertentu termasuk juga penyakit yang disebabkan karena mikroorganisme seperti virus dan bakteri.

Saat ini cukup banyak penyakit yang menyerang manusia yang disebabkan oleh mikroorganisme seperti virus dan bakteri. Jenis penyakit beserta tingkat keparahan dari penyakit yang disebabkan dua mikroorganisme ini juga beragam dari yang sifatnya ringan hingga yang membahayakan nyawa penderitanya. Tak jarang juga penyakit penyakit ini mempunyai sifat yang mudah menular.

Untuk itu perlu bagi kita melakukan upaya pencegahan penyakit jenis ini. Dan salah satu cara yang bisa kita pakai untuk mencegah adalah dengan menggunakan desinfektan. Penyemprotan disinfektan di tempat tempat tertentu terbukti cukup ampuh dan efektif untuk mematikan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Untuk menggunakan disinfektan sendiri kita tidak harus membelinya dengan harga yang mahal. Hal ini karena sebenarnya membuat disinfektan cukup mudah untuk kita lakukan sendiri dan tentunya harganya akan jauh lebih murah.

Ada beberapa pilihan cara buat disinfektan yang bisa kita lakukan sendiri di rumah. Salah satunya adalah dengan cara memanfaatkan cairan pemutih pakaian yang biasa kita gunakan. Kandungan sodium hipoklorit yang ada pada cairan pemutih pakaian ini cukup ampuh untuk membasmi kuman, bakteri dan virus termasuk juga virus influenza.

Untuk membuat cairan disinfektan dari pemutih ini juga cukup mudah caranya. Kita hanya perlu mencampurkan cairan pemutih tersebut denga air dalam takaran tertentu untuk kemudian disemprotkan. Menurut beberapa sumber yang ada salah satu contoh takaran yang bisa dipakai adalah 2%. Dimana 2 bagian dari pemutih dicampur air 98 bagian. Cairan desinfektan yang berasal dari pemutih ini mampu mendisinfeksi dalam waktu kontak 10 hingga 60 menit.

Selain menggunakan pemutih pakaian kita juga bisa membuat cairan dinsinfektan ini dari bahan lainnya. Misalnya saja dengan menggunakan alkohol 62-71 persen, menggunakan hidrogen peroksida atau bisa juga menggunakan natrium hidroklorit. Tentu saja untuk pembuatan disinfektan dari bahan bahan ini kita perlu lebih berhati hari dan selalu memperhatikan jumlah takarannya, agar tetap efektif namun tidak berbahaya untuk diri sendir.

Akan tetapi jika kita merasa membuat disinfektan sendiri tersebut terlalu merepotkan dan membuang banyak waktu maka tak ada salahnya jika kita membeli disinfektan untuk kemudian digunakan. Toh saat ini di pasaran jenis disinfektan sudah sangat banyak dengan harga yang juga relatif terjangkau.  Dan salah satu jenis disinfektan yang bisa kita jadikan pilihan untuk kita pakai adalah wipol disinfektan.

Meski selama ini wipol lebih terkenal sebagai cairan pembersih lantai akan tetapi mereka mempunya produk disinfektan yaitu wipol disinfectan spray. Kita bisa menyemprotkan wipol disinfektan ini ke beberapa bagian rumah untuk membasmi bakteri dan virus yang ada. Tak hanya efektif untuk membunuh kuman kuman saja wipol disinfectan spray ini juga beraroma harum.

Sedangkan untuk kita yang akan menggunakan disinfektan untuk disemprotkan ke pakaian maka bisa memilih untuk menggunakan rinso disinfektan cair. Disinfektan yang satu ini dipercay 10 kali lebih efektif dalam membasmi bakteri dan virus serta aman digunakan untuk berbagai jenis bahan pakaia yang kita miliki.

Tinggalkan Balasan