Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Akan Mudik Menggunakan Bus

By | 19 Maret 2021

Kurang dari sebulan lagi kita akan memasuki bulan puasa yang kemudian disusul dengan Idul Fitri. Dan seperti yang sudah sudah puasa maupun lebaran di Indonesia identik dengan adanya mudik yang dilakukan oleh banyak orang untuk kembali ke kampung halamannya.

Jika di tahun 2020 yang lalu kegiatan mudik ini sempat dilarang karena adanya pandemi,. Namun untuk tahun 2021 ini meski pandemi belum berakhir kegiatan mudik sudah diizinkan, tentunya  dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan pemerintah.

Dan berbicara tentang mudik sendiri tentunya tak akan terlepas dari membicarakan sarana transportasi yang akan digunakan. Sarana transportasi yang kita pergunakan untuk mudik ini tentunya berkaitan erat dengan daerah tujuan kita. Sebagai contoh untuk kita yang mudik ke luar pulau bisa menggunakan kapal laut atau pesawat jika ingin cepat. Sementara untuk yang mudiknya cukup dekat dan budget tidak terlalu banyak bisa menggunakan sarana transportasi darat entah itu menggunakan bus, kereta api maupun menggunakan kendaraan sendiri.

Masing masing sarana transportasi tersebut tentunya memiliki keunggulan tersendiri. Sebagai contoh jika menggunakan kereta api maka perjalanan mudik kita akan relatif lancar karena terhindar dari kemacetan. Harga tiket kereta api pun sampai saat ini masih cukup terjangkau. Akan tetapi sayangnya tak semua daerah bisa dijangkau atau dilewati jalur kereta api. Belum lagi sampai saat ini belum ada informasi yang resmi dari KAI kapan tiket mudik lebaran mulai dijual.

Karena itu menggunakan bus bisa jadi merupakan salah satu alternatif bagus untuk mudik kita terutama bagi kita kita yang tidak memiliki mobil sendiri. Memang sih perjalanan mudik menggunakan bus ini tidak secepat menggunakan kereta api akan tetapi ada sejumlah keunggulan dari menggunakan bus ini misalnya saja kita bisa turun di mana saja selama masih dalam rute perjalanan bus. Hal ini tentunya berbeda jika kita mudik menggunakan kereta api karena saat menggunakan kereta api kita hanya bisa turun di stasiun stasiun tertentu saja. Hal ini bisa menjadi hal yang cukup merepotkan apalagi jika barang bawaan kita cukup banyak dan rumah kita jauh dari stasiun. 

Dan jika pada akhirnya kita memutuskan untuk mudik menggunakan bus maka setidaknya ada beberapa hal yang perlu untuk kita perhatikan agar perjalanan mudik kita nantinya bisa aman dan nyaman. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

PO yang Akan Digunakan

Salah satu hal yang perlu untuk kita perhatikan ketika akan menggunakan bus sebagai sarana transportasi ketika mudik lebaran 2021 ini adalah PO (Perusahaan otobus) bus yang kita pakai. Tentunya kita memilih bus yang memang memiliki trayek melewati atau sampai daerah tujuan kita. Dan karena saat ini sedang masa pandemi maka pastikan pilihlah PO yang menerapkan protokol kesehatan dalam busnya. Seperti biasanya memilih bus yang membatasi jumlah penumpangnya, bus yang menerapkan social distancing dan lain sebagainya.

Harga Tiket

Hal selanjutnya yang juga perlu untuk kita perhatikan adalah soal harga tiket. Jika kita melihat seperti yang sudah sudah umumnya tiket bus akan mengalami kenaikan saat lebaran dan sepertinya di lebaran 2021 ini juga akan sama saja. Karena itu kita perlu untuk memilih bus dengan harga tiket yang sesuai dengan budget kita.

Dalam kaitannya dengan harga tiket ini kita juga perlu untuk memilih akan naik bus keas apa. Apakah akan naik bus ekonomi, ekonomi ac, bisnis atau kelas yang lainnya. Masing masing memiliki harga tiket yang relatif berbeda. Untuk menemukan harga tiket bus termurah ini kita bisa menggunakan aplikasi seperti traveloka misalnya. Lewat aplikasi ini kita juga bisa memesan tiket secara online sehingga tak perlu membelinya langsung di terminal atau di agen bus.

Perlengkapan yang Dibawa

Pastikan membawa beberapa perlengkapan atau bekal yang kita butuhkan selama perjalanan. Beberapa contoh bekal yang perlu kita bawa ini misalnya saja adalah makanan selama dalam perjalanan, vitamin dan obat obatan serta karena saat ini masih masa pandemi persiapkan juga untuk membawa masker dalam jumlah cukup serta hand sanitizer jika memang kita tidak memungkinkan mencuci tangan menggunakan sabun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *