Destinasi Wisata di Batam yang Perlu Anda Kunjungi

By | August 26, 2019

Selama ini jika orang membicarakan tentang tempat wisata di Indonesia umumnya mereka akan membahas tentang bali, jogja, lombok dan daerah daerah wisata terkenal lainnya. Padahal sebagai sebuah negara kepulauan dengan belasan ribu jumlah pulau yang ada menjadikan Indonesia masih memiliki sangat banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi selain tempat tempat yang sudah populer tersebut. Salah satu detinasi wisata yang mungkin belum banyak orang tahu adalah Batam.

Mungkin saja sampai saat ini masih cukup banyak orang yang mengenal batam hanya sebagai sebuah pulau yang kental dengan industri dan perdagangan saja. Hal tersebut tidaklah mengherankan mengingat selama ini karena letaknya yang dekat dengan singapura dan malaysia menjadikan batam segitiga persimpangan untuk perdagangan antar Indonesia, Malaysia, dan Singapura atau sering orang menyebutnya sebaga kawasan Sijori (Singapura, Johor, dan Riau).

Padahal sebenarnya pulau yang berada di wilayah kepulauan riau ini juga menyimpan sejumah destinasi wisata yang sayang untuk kita lewatkan. Karena kondisi geografisnya berupa kepulauan, Batam dikenal memiliki pantai yang indah. Selain itu, Batam juga memiliki taman bermain dan kawasan hutan yang segar.

Untuk berkunjung ke destinasi destinasi wisata yang ada di Batam pun saat ini juga sudah terbilang cukup mudah, mengingat semakin banyaknya sarana transportasi yang ada. Bagi anda yang berasal dari luar pulau batam misalnya dari Jakarta anda bisa menggunakan pesawat dari bandara soekarno hatta ke bandara hang nadim di batam. Kemudian setelah sampai di sana kita bisa memilih jenis transportasi yang sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya saja jika kita mau cari inspirasi di batam bisa naik mobil rental dengan menggunakan jasa rental mobil yang ada di sana. Apalagi sekarang untuk melakukan pemesanan rental mobil juga suda bisa dilakukan dengan mudah secara online dengan berbagai aplikasi yang ada seperti traveloka misalnya.

Dan jika kita sudah mendapatkan kendaraan yang dimaksud maka saattnyalah kita mengunjungi detinasi destinasi wisata yang ada di batam. Beberapa destinasi menarik yang bisa kita kunjungi selama ada di batam ini diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Pulau Abang

Destinasi wisata pertama di Batam adalah pulau Abang. Terletak di kota Batam, pulau Abang menawarkan keindahan alam bawah laut yang cukup menarik. Pulau Abang sendiri termasuk ke dalam pulau kecil, dengan jumlah penduduk sekitar 1,500 jiwa saja. Kegiatan wajib di pulau Abang adalah melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan gugusan terumbu karang. Selain keindahan bawah laut, pulau Abang juga memiliki panorama alam yang luar biasa. Harga paket tur ke pulau Abang sekitar Rp. 350.000, tarif tersebut sudah termasuk snack, transportasi (sewa kapal), makan siang, dan peralatan snorkeling.

2. Jembatan Barelang

Tempat wisata selanjutnya yang wajib anda kunjungi saat melancong ke Batam adalah Jembatan Barelang. Tempat satu ini merupakan ikon kota Batam yang dibangun pada pemerintahan presiden ke-3 (B.J. Habibie), itulah mengapa jembatan Barelang sering disebut sebagai jembatan Habibie. Jembatan ini menjadi penghubung tiga pulau besar, yakni Batam, pulau Galang, dan pulau Rempang. Pemandangan jembatan Barelang juga sangat indah, terutama saat malam hari.

3. Pulau Tunjuk

Jika pulau Abang menawarkan pesona bawah lau yang indah, maka pulau Tunjuk memiliki keindahan pantai yang luar biasa. Daya tarik utama dari pulau Tunjuk adalah pasir putih dan ombak yang tenang. Destinasi wisata ini juga masih belum diketahui banyak orang, sangat cocok bagi anda yang menginkan privasi saat berlibur. Terletak di Subangmas, Kota Batam, waktu yang tepat untuk berkunjung ke pulau Tunjuk adalah saat matahari terbit (sunrise).

4. Pantai Tanjung Pinggir

Pantai Tanjung Pinggir menawarkan ombak yang tenang, dan pantai yang bersih. Untuk anda yang hobi berswafoto, pantai Tanjung Pinggir memiliki berbagai spot foto menarik, salah satunya adalah rumah Hobbit. Keunikan lain dari pantai Tanjung Pinggir adalah kita bisa melihat negara Singapura secara langsung. Terletak di Sekupang, Batam, harga tiket masuk ke pantai Tanjung Pinggir cukup terjangkau. Yakni Rp. 5000/orang.

5. Ocarina Batam Theme Park

Jika anda bosan dengan wisata pantai, mungkin Ocarina Batam Theme Park bisa menjadi destinasi wisata alternatif. Sesuai namanya, destinasi wisata ini berupa taman bermain dengan suasana seru dan menyenangkan. Dibangun diatas lahan seluas kurang lebih 40 hektar, taman ini memiliki berbagai wahana bermain. Beberapa diantaranya seperti kiddy land, waterpark, giant wheel, dan beberapa wahana lain. Harga tiket masuk ke Ocarina Batam Theme Park sendiri cukup terjangkau, yakni Rp. 5000 untuk anak-anak, dan Rp. 10.000 untuk pengunjung dewasa. Selain menikmati wahana bermain, anda juga bisa berswafoto di tempat yang telah disediakan.