Agar Road Trip Anda Menyenangkan Perhatikan Hal Hal Ini

By | September 30, 2020

Melakukan perjalanan dengan mobil atau road trip merupakan salah satu pilihan yang bisa dipilih seorang traveler ketika pergi ke suatu tempat wisata. Dengan melakukan road trip berbagai manfaat bisa kita dapatkan. Beberapa keuntungan dari road trip ini misalnya saja adalah lebih leluasa dalam perjalanan, dibandingkan menggunakan kendaraan umum road trip tentunya lebih leluasa karena kita bisa bebas menentukan akan berhenti kapan dan di mana saja. Sehingga kitapun bisa berkesempatan untuk menikmati kuliner kuliner yang ada di sepanjang perjalanan road trip kita. Tak hanya itu dengan road trip kita juga bisa melihat sisi lain dari sebuah obyek wisata bahkan tak jarang kita bisa mengeksplore tempat wisata lebih dalam lagi.

Road trip memang nampak menyengangkan, akan tetapi tentunya jika persiapan yang kita lakukan sebelumnya benar benar matang. Jika sembarangan saja dalam merencanakan atau mempersiapkan road trip maka bisa saja kekecewaan yang akan kita dapatkan. Karena itu sebelum road trip penting sekali untuk mempersiapkan beberapa segala sesuatunya. Diantara persiapan yang perlu kita lakukan sebelum melakukan road trip ini antara lain adalah dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Kendaraan

Hal penting yang perlu kita perhatikan dalam pelaksanaan road trip adalah kendaraan dalam hal ini mobil. Pastikan mobil yang akan kita pakai nanti kondisinya masih baik dan tak ada gangguan. Kita bisa memeriksakan mobil ini ke bengkel bengkel resmi untuk lebih mengetahui kondisi sebenarnya dari mobil tersebut. Dengan kondisi kendaraan yang bagus tentunya perjalanan road trip akan menjadi lebih nyaman dan aman.

2. Destinasi

Hal selanjutnya yang perlu untuk diperhatikan agar road trip bisa berjalan dengan baik adalah soal destinasi atau tempat tujuan kita road trip. Di Indonesia ada sangat banyak daerah yang bisa kita jadikan tujuan road trip dengan pemandangan yang sangat memukau. Namun pastikan destinasi road trip ini jaraknya tidaklah terlau jauh sehingga kita tidak kelelahan di tengah jalan. Dan pastikan juga rute untuk menuju ke sana jalannya dalam kondisi yang baik dan aman untuk dilewati kendaraan kita.

3. Waktu

Memilih waktu yang pas untuk melakukan road trip juga merupakan hal yang penting. Sebaiknya hindarilah melakukan road trip pada waktu musim hujan terutama jika daerah tujuan road trip kita adalah daerah daerah yang terkenal sering banjir ketika hujan. Akan lebih baik juga tidak melakukan road trip ini ketika masa liburan atau hari besar karena terkadang jalanan cukup macet sehingga kita kurang bisa menikmatik road trip ini.

4. Budget

Pastikan kita membuat budgeting untuk kegiatan road trip ini. Hal ini perlu untuk kita lakukan agar mengetaui estimasi berapa biaya yang perlu kita keluarkan untuk melakukan road trip. Dalam pelaksanaan road trip sendiri tentunya ada cukup banyak keperluan yang memerlukan biaya mulai dari untuk bahan bakar selama perjalanan, biaya tol, parkir, penginapan, biaya masuk obyek wisata, makan dan lain sebagainya. Dengan membuat rencana anggaran kita bisa mempersiapkan berapa kira kira uang yang akan kita butuhkan.

5. Perlengkapan yang Dibawa

Perhatikan juga perlengkapan perlengkapan yang akan kita bawa saat melakukan road trip. Beberapa hal yang perlu kita bawa misalnya pakaian, alas kaki, perlengkapan mandi, makanan ringan, tas ransel, kamera, smartphone dan lain sebagainya.

6. Tempat Menginap

Ketika road trip yang kita lakukan sudah sampai maka kita perlu menginap. Dan ada baiknya memesan penginapan ini jauh jauh hari sebelumnya sehingga tidak khawatir kehabisan kamar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *