8 Perangkat Keamanan yang Digunakan Hotel untuk Menjamin Keselamatan Pelanggan

By | 13 Januari 2022

Hotel menjadi tempat persinggahan yang paling sering digunakan sebagian besar orang saat bepergian jauh. Mungkin Kamu menganggap bahwa pelayanan dan fasilitas yang ditawarkan menjadi nilai utama yang dilihat oleh pelanggan. 

Tapi selain kedua hal tersebut ada satu hal yang tidak kalah penting untuk membuat pelanggan merasa nyaman yaitu keamanan hotel. Sistem keamanan perlu dijadikan sebagai prioritas utama dalam menjalankan bisnis perhotelan. 

Pasalnya fasilitas dan pelayanan yang memuaskan tidaklah cukup jika tidak diiringi dengan  jaminan sistem keamanan yang memadai. Tingkat keamanan hotel yang tinggi akan membuat pelanggan merasa lebih nyaman saat menginap. Tidak heran jika sebagian besar hotel memasang CCTV dan berbagai perangkat keamanan lainnya untuk menjamin keselamatan mereka.

8 Perangkat Keamanan yang Sering Digunakan Pada Bisnis Perhotelan

Hotel termasuk tempat umum yang bisa dikunjungi oleh semua orang tapi orang yang datang tidak selalu memiliki niatan untuk singgah dan beristirahat. Bisa saja salah satu pelanggan yang datang ke hotel memiliki tujuan yang tidak baik.

Oleh karena itu sebagian besar pihak pengelola hotel melengkapi bangunannya dengan berbagai peralatan keamanan.  Bagi Kamu yang belum tahu macam-macam alat keamanan yang digunakan di hotel, simak pembahasan berikut:

1. Kamera CCTV

Kamera pengawas atau CCTV (closed Circuit Television) menjadi salah satu alat untuk meningkatkan keamanan hotel. Biasanya kamera CCTV dipasang di dekat lift, lobi, tempat parkir hotel, restoran hotel, dan koridor kamar hotel.

Serta di area lorong ruang kerja pegawai, dan tempat makan pegawai untuk mengantisipasi jika ada kejadian yang tidak diinginkan. Selain di area-area tersebut kamera CCTV juga dipasang di area yang dianggap rawan. 

Seperti yang Kamu tahu tindak kejahatan bisa terjadi di mana saja termasuk di semua area hotel. Rekaman kamera CCTV dapat digunakan untuk meningkatkan sistem monitoring pada aktivitas yang terjadi di area-area tersebut.

2. Fire Sprinkle

Selain kamera CCTV ada beberapa perangkat keamanan lainnya untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan pelanggan selama menginap. Salah satunya yaitu fire sprinkle yang merupakan sebuah alat untuk memadamkan api secara otomatis. 

Pada umumnya fire sprinkle digunakan pada bangunan yang memiliki ketinggian di atas 5 lantai dan tempat-tempat umum yang rawan terjadi kebakaran, salah satunya hotel. 

3. Smoke Detector

Sebagian besar pihak pengelola hotel akan memasang perangkat keamanan smoke detector di seluruh kamar hotelnya. Smoke detector memiliki fungsi untuk mendeteksi kepulan asap di dalam kamar hotel. Munculnya asap dapat menjadi pertanda awal bahwa akan terjadi kebakaran pada area kamar tersebut.

Sehingga ketika smoke detector mendeteksi adanya asap staff engineering dari pihak hotel dapat dengan sigap menanganinya. Risiko terjadinya kebakaran pun dapat ditangani dengan cepat berkat smoke detector sebagai sistem monitoring di setiap kamar dari risiko kebakaran.

4. Fire Alarm

Fire alarm atau alarm kebakaran menjadi perangkat keamanan yang wajib dimiliki setiap hotel dan bangunan umum lainnya. Untuk memberitahukan kepada para pelanggan dan orang-orang di dalamnya untuk segera keluar dari gedung saat terjadi kebakaran.

5. Genset Alarm

Genset alarm merupakan perangkat keamanan yang akan memberikan peringatan kepada staff engineering hotel ketika genset mengalami overheating atau kebocoran bahan bakar. Genset alarm ini sangat berguna dalam meningkatkan sistem monitoring terhadap masalah teknis.

6. Gas Detector

Gas detector merupakan alat yang dapat mendeteksi kebocoran gas baik pada tabung maupun pipa penyalur gas ke kompor dapur hotel.

7. Emergency Exit

Emergency Exit atau yang biasa disebut pintu darurat berguna sebagai pintu keluar saat terjadi peristiwa darurat seperti kebakaran, gempa, dan peristiwa lainnya.

8. Metal Detector

Pasti Kamu sudah tidak asing dengan perangkat keamanan satu ini yang berfungsi mendeteksi benda logam yang berisiko membahayakan pelanggan maupun pegawai hotel yang dibawa oleh pengunjung. 

HikCentral Enterprise Solusi untuk Meningkatkan Keamanan pada Area Bisnis

Produk CCTV dari HikCentral Enterprise bisa menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan sistem keamanan pada area bisnis Kamu, termasuk pada bangunan perhotelan. Berikut kelebihan produk CCTV yang ditawarkan HikCentral Enterprise untuk Kamu:

  • Tidak Hanya Menawarkan Sistem Keamanan Tapi Juga Memberikan Solusi untuk Bisnis Kamu

HikCentral Enterprise tidak sekedar menawarkan sistem keamanan untuk gedung perkantoran, perhotelan, sekolah, dan pusat perbelanjaan saja. Tapi HikCentral Enterprise juga dapat membantu meningkatkan efisiensi pada segala bidang bisnis dari berbagai sistem.

  • Fitur Keamanan pada Gedung Komersial

Produk perangkat keamanan HikCentral Enterprise dari Hikvision menawarkan fitur keamanan yang canggih dengan teknologi artificial intelligence. Sehingga tidak sekedar menawarkan sistem keamanan pada gedung komersial tapi juga memberikan solusi yang komprehensif pada bisnis Kamu. Berikut fitur-fitur yang ditawarkan:

  1. System Entry & Exit
  2. Kamera ANPR
  3. Paduan Tempat Parkir (Parking Guidence)
  4. Human access Management
  • Fitur Keamanan pada  Ritel

HikCentral Enterprise juga menawarkan sistem keamanan dan solusi yang komprehensif untuk bisnis ritel. Fitur customer analysis yang diusung oleh HikCentral Enterprise memungkinkan produk kamera pengawasnya,  mendeteksi secara otomatis ketika pelanggan VIP datang dan masuk ke gerai yang mana datanya telah terekam pada sistem. Kemudian kamera pengawas akan mengirimkan notifikasi ke pegawai Kamu.

Notifikasi tersebut akan memberitahu pegawai yang sedang bertugas akan kedatangan pelanggan VIP yang telah terdata. Sehingga pegawai Kamu dapat langsung menyambut serta memberikan informasi seputar promo dan penawaran menarik lainnya kepada pelanggan VIP tersebut. Fitur customer analysis juga dapat membantu Kamu mendapatkan data pelanggan untuk kepentingan strategi penjualan.

Fitur kamera CCTV dari HikCentral Enterprise bisa Kamu jadikan pertimbangan ketika hendak memilih produk lain. Pasalnya tidak semua perangkat keamanan CCTV menawarkan fitur-fitur canggih tersebut. Produk HikCentral Enterprise tidak hanya meningkatkan sistem keamanan tapi juga dapat membantu memaksimalkan bisnis Kamu.

Tinggalkan Balasan