Yuk Cobain Naik Kereta Api Sancaka

By | February 24, 2020
Foto oleh Rizal Febri Ardiansyah

Hampir setiap dari kita sepakat bahwa pendidikan nyata terjadi di luar kelas. Kelas dengan guru, teman, dan buku pelajaran tentu saja merupakan salah satu cara untuk belajar tetapi mereka bukan satu-satunya. Padahal, bepergian adalah cara terbaik untuk mempelajari berbagai hal dan hal-hal yang penting. Apakah kamu berjalan-jalan di jalanan Paris, mendaki jalan setapak yang paling berusaha di Himalaya atau menghabiskan sore yang cerah di pantai Karibia, perjalanan tidak akan pernah mengecewakan kamu sebagai guru. Berikut ini sepuluh alasan mengapa bepergian adalah bentuk pendidikan terbaik yang dapat kamu peroleh terlepas dari tempat yang kamu kunjungi dan petualangan yang kamu miliki. Jika perjalanan luar negeri terlalu mainstream, kamu harus melakukan perjalan di Indonesia menggunakan kereta api sancaka.

Kamu belajar bahasa.

Bahasa Indonesia digunakan di hampir semua bagian dunia dan sebagian besar akan berfungsi untuk kamu. Namun demikian, selalu lebih baik untuk mempelajari bahasa asli tempat yang akan kamu kunjungi. Di satu sisi, perjalanan memaksa kamu untuk belajar bahasa. Setelah mempelajari dasar-dasarnya melalui buku, aplikasi, atau video, kamu dapat meningkatkan keterampilan saat berbicara dengan penutur asli asli. Dengan memanfaatkan pendidikan bahasa kamu, bepergian sebagian besar mengembangkan kemampuan mendengar dan berbicara kamu. Bahkan ketika kamu sudah mempelajari suatu bahasa, bepergian adalah cara terbaik untuk menguasai bahasa itu. Saat bepergian, kamu tidak hanya menguji kemampuan bahasa kamu dalam skenario dunia nyata tetapi juga mempelajari hal-hal seperti aksen, intonasi, dan slang dengan cara yang paling praktis. Kereta api sancaka akan membawa kamu menuju destinasi liburan yang menarik!

Kamu belajar tentang budaya lain.

Tidak hanya bepergian ke negara asing, tetapi juga ke berbagai bagian negara kamu sendiri adalah cara terbaik untuk memahami apa itu semua. Kamu lebih memahami bagaimana budaya di seluruh dunia berbeda-beda dan di mana letak kesamaan. Perbedaan ada dalam masakan, etiket, dan gaya hidup lintas budaya yang berbeda. Namun terlepas dari perbedaan, kamu dapat menemukan begitu banyak kesamaan seperti cinta bersama untuk seni, alam dan leluhur yang mengikat semua budaya yang berbeda bersama. Pendidikan tidak hanya tentang mempelajari hal-hal untuk mencari nafkah, tetapi juga berkontribusi untuk menjadikannya tempat yang lebih baik untuk tinggal. Pemahaman tentang beragam budaya memainkan peran penting dalam pendidikan kamu.

Kamu belajar sejarah.

Kamu belajar tentang peradaban dan peristiwa sejarah utama di kelas sejarah kamu. Semua itu sangat keren. Tapi tidak ada yang mengalahkan perjalanan ke landmark bersejarah dan menjelajahi jalan kamu di sekitar sejarah dan budaya kota. Ketika kamu berjalan-jalan di jalan-jalan dan mengunjungi museum, istana, dan galeri, seluruh sejarah bangsa muncul tepat di depan kamu. Belajar tentang berbagai dinasti, konflik, dan perubahan jauh lebih mudah ketika kamu benar-benar menjelajahi suatu negara. Paling sering, apa yang kita pelajari tentang sejarah melalui buku teks menyimpang dari kenyataan. Melakukan dialog dengan penduduk setempat kamu memahami sejarah dengan cara yang lebih akurat atau setidaknya memberikan kamu perspektif yang sama sekali berbeda.

Kamu belajar tentang dunia hari ini.

Travel mengajarkan kamu tidak hanya tentang dunia seperti di masa lalu tetapi juga seperti sekarang ini. Ini mungkin cara terbaik untuk benar-benar memahami situasi politik, skenario ekonomi, dan struktur sosial dunia yang kita tinggali saat ini. Inilah alasan kenapa kamu harus melakukan perjalanan.

Kamu belajar tentang alam.

Ketika kamu keluar dari zona nyaman di hutan dan mulai menjelajahi keajaiban alam paling eksotis di dunia, kamu akan mulai menyadari keagungan alam yang sangat besar. Memahami keagungan alam sangat penting untuk menyelesaikan sebagian besar masalah dunia saat ini seperti perubahan iklim, polusi udara, dan pemanasan global. Ketika kita sepenuhnya menyadari apa yang akan kita kehilangan dengan perilaku kita, maka menyelesaikan masalah ini akan jauh lebih mudah. Jadi lebih baik daripada menghabiskan semua dana dalam menyelenggarakan seminar dan konferensi. Akan lebih baik bagi kamu untuk mengirim orang-orang yang melakukan backpacking ke gunung, danau, hutan, dan dataran paling eksotis di dunia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *