Tips Perjalanan Naik Shuttle, Pasti Nyaman Sepanjang Jalan!

By | January 27, 2020

Salah satu jenis transportasi darat yang banyak dimanfaatkan masyarakat Indonesia adalah shuttle bus, termasuk untuk perjalanan jauh antar kota sekalipun. Karenanya, tak heran kalau ada banyak penyedia jasa transportasi yang fokus pada shuttle, atau menawarkan opsi moda transportasi shuttle. Salah satunya adalah Xtrans. Silahkan baca Xtrans Jakarta di sini untuk informasi lengkapnya!

Kalau Anda sudah berencana akan melakukan perjalanan naik shuttle, tentu Anda ingin agar perjalanan lancar dan bebas hambatan. Karena itu, perhatikan beberapa tips penting berikut sebelum agar perjalanan Anda dijamin nyaman dan aman. Apa saja ya tipsnya?

Tips Bepergian Naik Shuttle

1.    Lakukan pemesanan dari penyedia jasa shuttle terpercaya.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada banyak perusahaan yang menyediakan jasa transportasi shuttle. Akan tetapi, Anda wajib menemukan jasa yang 100% terpercaya. Dengan begitu, perjalanan Anda dijamin nyaman dan aman, tanpa ada hambatan apapun.

Kalau Anda tidak sempat mencari informasi, Anda bisa manfaatkan aplikasi atau website online travel agent (OTA), di mana hanya biro shuttle terpercaya saja yang bisa Anda temukan. Dengan begitu, perjalanan Anda sudah dijamin bebas dari gangguan.

2.    Pilih jasa shuttle yang pas dengan kebutuhan.

Meskipun ada banyak perusahaan transportasi yang menawarkan moda transportasi shuttle, tidak semuanya dibanderol dengan harga yang sama dan dibekali dengan fasilitas yang serupa. Di samping itu, terdapat juga perbedaan kelas shuttle.

Karena itu, pilih juga shuttle yang memang sesuai dengan budget yang Anda miliki untuk rute yang Anda inginkan. Di samping itu, Anda juga bisa pastikan terlebih dahulu apa saja fasilitas yang ditawarkan agar semakin yakin dengan tingkat kenyamanan armada selama perjalanan Anda nanti. Contohnya jenis kursi recliner yang bisa diatur kemiringan sandarannya, fasilitas snack gratis untuk penumpang, dan sebagainya.

3.    Pilih berdasarkan rute dan jadwal keberangkatan yang dikehendaki.

Hal yang satu ini jelas tak perlu dipertanyakan lagi, ya. Pastinya, Anda jelas harus memilih shuttle yang melayani keberangkatan menuju kota yang memang jadi tujuan Anda. Masa iya, Anda akan berangkat dari Jakarta ke Surabaya, tapi malah memilih shuttle rute Jakarta menuju Bandung?

Oh iya, Anda juga bisa menanyakan secara langsung informasi soal titik-titik yang dilewati oleh rute shuttle. Biasanya, shuttle akan berangkat dari pool atau kantor resmi, dan tiba di pool atau kantor resmi di kota tujuan. Kalau ternyata titik turun Anda ternyata berada sebelum titik terakhir rute shuttle, Anda bisa pastikan terlebih dahulu dan informasikan kepada staf atau pengemudi.

Selain itu, tak jarang ada lebih dari satu jadwal keberangkatan untuk satu rute setiap harinya. Karena itu, pilihlah jadwal yang memang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan Anda. Dengan demikian, Anda bisa menghindari risiko tiket yang tak terpakai dan pembayaran yang tidak bisa dikembalikan karena pembatalan tiket yang disebabkan salah pilih jadwal.

4.    Kemasi barang bawaan sesuai kebutuhan.

Bepergian naik shuttle jelas berbeda dibandingkan bepergian dengan mobil pribadi. Jika Anda menaiki mobil pribadi, bisa dibilang Anda cukup bebas menentukan mau sebanyak apa barang bawaan yang akan Anda angkut saat perjalanan nanti. 

Akan tetapi, lain cerita jika Anda akan naik shuttle, yang pada dasarnya tetap merupakan sarana transportasi umum. Artinya, Anda bukanlah satu-satunya penumpang, yang juga berarti bahwa barang bawaan yang akan dimuat di dalam bagasi juga bukan hanya barang bawaan Anda.

Karena itu, Anda perlu packing barang bawaan dengan cermat dengan membawa hanya barang-barang yang memang Anda butuhkan. Hal ini juga untuk kenyamanan Anda sendiri, mengingat barang bawaan yang terlalu banyak jelas akan merepotkan diri Anda sendiri nantinya. 

5.    Bersikap ramah.

Tips yang satu ini tidak bersifat teknis, tapi juga tak kalah pentingnya. Dengan bersikap positif dan ramah, perjalanan Anda pasti akan terasa jauh lebih nyaman, terlebih jika Anda bisa menemukan teman ngobrol yang duduk di samping Anda. Dan siapa tahu kalau kenalan baru Anda di shuttle bisa menjadi teman traveling, atau relasi baru yang bisa membawa rezeki dalam kehidupan Anda, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *