Tips Merebus Pacar Cina Serta Resep Dan Cara Memasak Bubur Pacar Cina Santan

By | 9 Mei 2021

Pacar cina memang identik dengan aneka dessert, baik makanan maupun minuman. Pacar cina memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Warnanya juga beragam, sehingga dapat mempercantik tampilan makanan yang kamu buat. Bentuk pacar cina juga beragam, ada yang berbentuk dadu, ada juga yang berbentuk persegi panjang.

Jika ingin lebih praktis, kamu bisa memilih pacar cina yang sudah matang, sehingga bisa langsung ditambahkan kedalam makanan yang akan kamu sajikan. Namun jika membeli pacar cina yang belum matang, maka kamu harus merebusnya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Jika kamu belum tahu bagaimana cara merebus atau memasak pacar cina, berikut dibawa ini ada tips yang bisa kamu ikuti :

  1. Rendam Dalam Air Panas

Tekstur pacar cina mentah biasanya keras. Untuk menyiasati hal tersebut, kamu bisa merendam pacar cina dalam air panas hingga teksturnya sedikit lebih lunak sehinga tidak butuh waktu lama untuk memasaknya.

  1. Rebus Dalam Air Mendidih

Selanjutnya, panaskan air dalam panci masak hingga benar benar mendidih. Setelah mendidih, masukkan pacar cina. Supaya lebih wangi, masak pacar cina bersama dengan potongan daun pandan. Tunggu hingga butiran butiran pacar cinanya mengambang di permukaan air.

  1. Hindari Mengaduk-Aduk Terlalu Sering

Meski memiliki tekstur yang kenyal, namun sebenarnya pacar cina sangatlah rapuh. Jadi, sebaiknya tidak mengaduk aduk pacar cina terlalu sering supaya tidak hancur dan lembek. Aduk sesekali saja supaya pacar cina tidak saling menggumpal.

  1. Rendam Dalam Air Dingin Setelah Ditiriskan

Setelah pacar cina matang, sebaiknya kamu langsung merendamnya dalam air dingin. Tujuan hal tersebut untuk menghentikan proses memasak yang masih berlangsung dan mencegahnya supaya tidak menggumpal. Setelah pacar cinanya sudah dingin, segera tiriskan supaya tidak lembek. Pacar cina juga siap dicampurkan kedalam aneka makanan.

Dengan mengikuti keempat cara diatas, maka pacar cina kamu dijamin akan memiliki tekstur yang kenyal, bentuk bagus, dan tidak menggumpal. Nantinya sajian yang kamu buat pun akan tampak lebih cantik dan menarik.

Salah satu olahan pacar cina yang sudah dikenal banyak orang adalah bubur pacar cina santan sederhana yang enak dan manis. Berikut resep dan cara memasak bubur pacar cina santan :

  1. Bahan Bahan Yang Diperlukan
    • Pacar cina instan siap pakai 1 bungkus
    • Air 1 liter
    • Gula pasir 9 sdm atau sesuai selera
    • Daun pandan 2 lembar
    • Santan kental 2 gelas
    • Tepung tapioka atau tepung maizena 2 sdm, dilarutkan dengan 4 sdm air
    • Garam sedikit.
  1. Cara Memasak Bubur Pacar Cina Santan
    • Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan pacar cina mentah dan 1 lembar daun pandan masak hingga matang atau kurang lebih 15 menit. Tambahkan gula pasir dan sedikit garam. Setelah matang matikan kompornya.
    • Siapkan panci lain, masak santan dan I lembar daun pandan lalu beri garam sedikit sembari diaduk aduk namun jangan sampai santannya pecah. Setelah agak mendidih masukkan air maizena agar kental. Setelah mendidih, angkat santannya.
    • Cara penyajian bubur pacar cina santan, masukkan bubur pacar cina kedalam mangkok atau gelas lalu beri santan kental.
    • Sajikan bubur pacar cina santan selagi hangat. Sebab, saat bubur matang akan encer, namun setelah dingin akan mengembang dan kental.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *