Pertimbangan Sebelum Menyewa Kantor

By | February 9, 2021

Keberadaan sebuah kantor bagi sebuah perusahaan seringkali berperan sangat penting bagi kelangsungan usaha mereka. Selain berfungsi sebagai tempat bekerja, meeting, pengadministrasian, sebuah kantor terkadang juga menjadi simbol kebonafidan sebuah perusahaan. Bahkan sebuah usaha yang bergerak di bidang online pun sebenarnya juga memerlukan kantor untuk aktivitas mereka.

Akan tetapi dengan semakin banyaknya perusahaan perusahaan baru yang berdiri. Semantara jumlah lahan untuk mendirikan kantor yang semakin terbatas. Menjadikan harga jual / pembuatan kantor semakin mahal.

Dan karena umumnya perusahaan yang masih baru keuangannya belum begitu stabil. Menjadikan hal ini cukup menyulitkan bagi sebuah perusahaan baru untuk memiliki kantornya sendiri.

Untungnya saat ini untuk memakai sebuah kantor kita tidak harus membelinya. Kini kita bisa menyewa sebuah ruang kantor untuk dipakai sebagai tempat kerja kita dan karyawan kita. Menyewa kantor ini memiliki sejumlah kelebihan jika dibandingkan membelinya. Beberapa kelebihan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

Lebih Terjangkau

Tentunya biaya yang dikeluarkan untuk menyewa sebuah ruangan kantor akan jauh lebih sedikit dibandingkan membelinya. Artinya dengan menyewa ruang kantor kita bisa menyisihkan cukup banyak uang untuk menambah cash flow usaha kita sehingga bisa makin lancar.

Lebih Fleksibel

Lebih fleksibel di sini dalam artian kita bisa memilih kantor sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita, atau berapa lama kita akan berkantor di sana dan lain sebagainya. Hal ini karena jumlah kantor yang disewakan umumnya relatif lebih banyak dibanding kantor yang dijual sehingga pilihan menjadi sangat beragam.

Tidak Ribet dengan Pajak

Ketika kita membeli dan memiliki sebuah bangunan kantor maka satu hal yang pasti kita hadapi adalah harus membayar pajak atas kepemilikan bangunan tersebut. Namun jika anda hanya menyewanya maka tak perlu ribet berurusan dengan hal tersebut.

Pertimbangan Dalam Memilih Kantor Untuk Disewa

Jika pada akhirnya kita memutuskan untuk menyewa kantor, maka tentunya tak secara sembarangan saja kita memilihnya. Setidaknya ada beberapa pertimbangan yang perlu kita lakukan sebelum menyewa kantor tersebut. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

Lokasi

Salah satu hal utama yang harus diperhatikan saat akan menyewa kantor adalah lokasinya. Lokasi kantor yang strategis dan mudah dijangkau alat transportasi baik pribadi maupun umum tentunya akan memudahkan karyawan maupun klien untuk datang ke kantor.

Akan tetapi selain strategis ada beberapa hal lain yang juga patut diperhatikan dalam masalah lokasi ini. Misalnya saja pilih lokasi yang tingkat kemacetannya tidak terlalu tinggi. Sehingga waktu yang dibuang di jalanan untuk menuju ke kantor tidak terlalu banyak.

Akan lebih baik juga jika memilih lokasi yang bebas banjir. Sehingga aktivitas kantor bisa tetap berjalan tanpa ada hambatan banjir dan lainnya.

Harga

Meskipun harga menyewa kantor umumnya lebih rendah dibanding membelinya akan namun tetap perlu kita perhitungkan matang matang. Hal ini agar tidak terlalu membebani cash flow perusahaan.

Jangan sampai gara gara biaya sewa kantor yang terlalu mahal justru aktivitas perusahaan terhambat karena cashflow yang terbatas. Karena itu pilihlah kantor dengan harga sewa yang sesuai dengan keuangan perusahaan. Jangan terlalu memaksakan diri menyewa kantor mewah jika memang belum mampu.

Fasilitas

Fasilitas dari kantor yang akan disewa juga sangat perlu untuk dijadikan bahan pertimbangan. Pastikan kantor yang akan disewa memiliki fasilitas fasilitas yang dibutuhkan untuk operasional kantor dan para pekerjanya.

Mulai dari fasilitas dasar misalnya untuk listrik kita perlu tahu berapa daya yang tersedia apakah mencukupi kebutuhan kita nantinya atau tidak. Demikian juga dengan ketersediaan air bersih serta sanitasinya pastikan dalam kondisi baik dan lancar.

Hingga fasilitas fasilitas penunjang kerja seperti jaringan internet misalnya. Untuk jaringan internet ini kita perlu memastikan jenis jaringan yang dipakai dan berapa kecepatannya. Pastikan kecepatan jaringan internet di kantor yang akan kita sewa ini cukup memadai untuk operasional kegiatan kantor kita.

Dan yang juga tak kalah pentingnya adalah fasilitas keamanan yang ada di kantor. Pastikan di kantor yang akan kita sewa ada fasilitas keamanan yang bagus. Beberapa contoh fasilitas keamanan ini misalnya adanya CCTV, Alarm kebakaran, adanya sistem keamanan yang aktif 24 jam, memiliki sistem emergency dan lain sebagainya.

Keberadaan fasilitas lain misalnya lahan parkir yang cukup luas juga perlu kita jadikan pertimbangan. Dengan adanya lahan parkir yang memadai ini maka baik karyawan maupun klien kantor yang berkunjung bisa memarkirkan kendaraannya dengan lebih aman dan leluasa.

Luas dan Kapasitas

Luas kantor yang akan disewa secara langsung tentunya akan berpengaruh dengan kapasitasnya. Pastikan memilih kantor sewaan dengan kapasitas yang sesuai. Sehingga nantinya tidak terlalu crowded ataupun terlalu lengang.

Lama Sewa

Kita juga perlu menentukan jangka waktu sewa kita. Apakah kita akan sewa kantor tersebut dalam jangka panjang ataukah hanya akan menyewa dalam waktu singkat 2 -3 tahunan. Semua ini perlu diperhitungkan dengan seksama sesuai dengan potensi perkembangan kantor kita nantinya.

Untuk menyewa kantor dengan kriteria kriteria di atas mungkin akan terasa ribet jika dilakukan di zaman dulu atau beberapa tahun yang lalu. Tapi kini dengan semakin majunya teknologi menemukan kantor dengan kriteria di atas untuk kita sewa bisa jadi sudah jauh lebih mudah.

Hal ini karena sekarang sudah cukup banyak website ataupun aplikasi yang bisa membantu kita dalam mencari ruang kantor untuk disewa. Dan karena web maupun aplikasi ini bekerja secara online maka kita bisa melakukan pencarian ini dimana saja dan kapan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *