Inilah Beberapa Cara Yang Bisa Dipakai Untuk Mencari Uang Lewat Blog

By | December 3, 2020

Mencari uang dengan blog saat ini sudah bukan hal yang baru bagi sebagian orang. Cukup banyak cerita sukses blogger yang mungkin sudah sering kita dengar. Hal ini tentu saja kemudian menarik banyak orang untuk membuat blog dan mencari uang lewat blognya.

Jika andapun juga seorang blogger yang sedang berusaha memonetize blognya tentunya anda juga perlu mencari cara yang tepat untuk mencapai tujuan tersbeut. Anda perlu memilih cara yang paling cocok dalam memonetize blog anda tersebut. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memonetize blog. Beberapa diantara metode monetize blog adalah sebagai berikut:

1. Iklan PPC
PPC atau pay per click merupakan salah satu metode klasik yang sering dipakai orang dalam memonetize blognya. Cara kerja PPC ini secara singkat yakni blogger akan mendapatkan pemasukan setiap kali ada yang mengklik iklan PPC yang tampil di blognya. Salah satu provider periklanan PPC paling populer dan banyak digunakan oleh para blogger adalah google adsense.
Jika anda memutuskan untuk memonetize blog menggunaan PPC maka ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan misalnya soal trafik blog, niche serta tampilan theme blog. Semakin banyak visitor yang berkunjung ke blog tentunya semakin banyak juga iklan dilihat dan dengan theme yang tepat konversi klik juga berpotensi meningkat. Sementara niche blog sedikit banyak akan mempengaruhi nilai perklik dari iklan. Ada beberapa niche dengan harga klik yang cukup tinggi tapi tentunya persaingannya juga cukup berat.

2.Iklan Banner
Metode lain yang bisa digunakan untuk mendapatkan uang lewat blog adalah dengan iklan banner mandiri. Atau dengan artian pemilik blog menawarkan kepada advertiser untuk memasang banner usahanya di blog. Biasanya untuk iklan jenis ini harganya tergantung dari ukuran iklan, jumlah trafik blog serta jangka waktu pemasangan iklan.

3. Content Placement & Review
Belakangan ini content placement juga cukup banyak dipakai oleh blogger untuk memonetize blognya. Dalam content placement ini biasanya blogger akan mempublish artikel yang sudah ada link yang menuju ke sebuah brand tertentu. Isi kontennya sendir bisa berupa promosi, tips, review dan lain sebagainya.
Untuk content placement biasanya brand ataupun agency membutuhkan blog blog yang sudah menggunkana domain TLD seperti .com, .net, .id dan lain sebagainya. Beberapa hal seperti niche blog dan trafik juga sering menjadi acuan dalam content placement selain beberapa metrik lain seperti DA, PA, DR dan UR.

4. Jualan Barang atau Jasa
Blog juga bisa dipakai untuk berjualan barang maupun jasa. Salah satu cara yang dipakai untuk berjualan barang atau jasa lewat blog ini misalnya dengan membuat review tentang sebuah barang dan menempatkan link pembelian di dalam artikel tersebut. Tentunya untuk menarik pembeli dan meningkatkan konversi kita perlu membuat copywriting yang bagus dan menarik dalam artikel blog tersebut.

5. Affiliasi
Untuk anda yang memiliki blog dan ingin berjualan namun tak memiliki produk atau jasa untuk dijual maka tak ada salahnya memilih affiliasi sebagai metode untuk memonetize blog. Affiliasi sendiri bisa diartikan sebagai sebuah program yang akan memberikan anda komisi jika ada orang yang membeli atau menggunakan layanan menggunakan link afiliasi anda.
Salah satu program affiliasi yang cukup populer di dunia adalah program affiliasi dari amazon. Selain amazon banyak juga program afiliasi lain yang juga bisa anda ikuti misanya affiliasi beberapa marketplace lokal maupun program affiliasi hosting. Untuk jumlah komisi dari sebuah affiliasi sendiri jumlanya beragam. Sebagai contoh untuk program affiliasi di niagahoster anda bisa mendapatkan komisi hingga 70% untuk setiap konversi yang terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *