8 Fakta Unik Asian Games

8 Fakta Unik Kota Palembang

  • Thu, 26 July 2018

Sobatkom, kota Palembang ternyata memiliki banyak nilai sejarah dan keunikan tersendiri lho. Serunya lagi, ternyata kota Palembang juga menyimpan banyak cerita yang belum tentu diketahui banyak orang.

 

Sobatkom tahu nggak? Sungai Musi yang merupakan sungai terpanjang di Sumatera dan mencapai 750 km ini merupakan transportasi utama di Palembang. Hal ini membuat Palembang dijuluki “Venice of the East”, karena Sungai Musi membelah wilayah kota menjadi dua bagian; kawasan seberang Ilir di bagian utara dan seberang Ulu di bagian selatan.

 

Dari arca dan prasasti yang ditemukan, kota Palembang diperkirakan berdiri sejak tahun 682 M dan disebut-sebut sebagai salah satu kota tertua di dunia.

 

Selain itu, ibu kota kerajaan Sriwijaya ini merupakan salah satu kerajaan maritim yang berpengaruh di dunia sekitar abad ke-6 dengan wilayah kekuasaan hingga ke Thailand dan Kamboja. Saking besarnya pengaruh kerajaan Sriwijaya, kota Palembang juga dijadikan pusat pengajaran agama Buddha, karena di Sriwijaya diajarkan bahasa Melayu dan Sansekerta sebelum para biksu belajar ke India. Whoa! 

 

Di Palembang juga ada salah satu tempat peninggalan sejarah zaman penjajahan Belanda lho! Namanya Taman Kambang Iwak. Biasanya taman ini menjadi tempat untuk olahraga pagi, terutama saat akhir pekan. Satu lagi, Palembang juga punya Al-Qur’an raksasa sebesar 9 meter yang terdiri dari 630 halaman lho!Seru ya ternyata, Sobatkom! Palembang ternyata menyimpan hal-hal unik dan bersejarah. Jadi makin gak sabar jalan-jalan ke Palembang nih. #dukungbersama #asiangames2018

 

  • Share :