Pertama Kali

Asian Games IV tahun 1962

  • Thu, 26 July 2018

Ini bukan kali pertama bagi Indonesia menjadi tuan rumah ajang Asian Games. Sobatkom pasti pernah mendengar bahwa pada tahun 1962 lalu, Indonesia untuk pertama kalinya mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah Asian Games IV, pada tanggal 24 Agustus-2 September 1962. Hal ini merupakan momen bersejarah bagi Indonesia.

 

Pasalnya, dengan menjadi tuan rumah, Jakarta dihiasi banyak pembangunan, mulai dari Gelora Bung Karno, studio TVRI, hingga patung selamat datang. Pembuatan prangko khusus Asian Games pun dicanangkan oleh Pemerintah. Hal ini juga merupakan salah satu komitmen Pemerintah dalam menyambut acara olahraga terbesar se-Asia. 

 

Saat itu ada 13 cabang olahraga yang dilombakan dengan total 12 negara. Untuk menghormati tim dari Arab dan Tiongkok, Indonesia pun tidak mengundang tim dari Israel dan Taiwan karena hubungan diplomasinya yang kurang baik.

 

Pada perhelatan tersebut, Efendi Saleh merupakan pembawa obor pertama di Indonesia, sedangkan pada Asian Games ke-18 ini, Susi Susanti yang menjadi pembawa obor. Indonesia juga berhasil menjadi runner-up dengan total 77 medali, yang terdiri dari 21 emas, 26 perak, dan 30 perunggu.

 

Semoga di Asian Games kali ini, Indonesia bisa menjadi juara umum dan meraih medali lebih banyak ya, Sobatkom. #dukungbersama #asiangames2018

 

  • Share :