Gameplay

Apa Itu Kabaddi

  • Thu, 26 July 2018

Dari banyaknya cabang olahraga di Asian Games 2018, pasti ada beberapa cabor yang terdengar asing di telinga. Kabaddi salah satunya. Olahraga menarik asal India ini belum banyak didengar oleh masyarakat.

 

Kabaddi adalah sebuah permainan khas India yang diperkirakan sudah ada sejak 4.000 tahun lalu. Diyakini berasal dari kata "kai pidi" yang artinya adalah "berpegang tangan" dalam bahasa Tamil, kabaddi ini juga cukup dikenal oleh beberapa negara di dunia seperti di Nepal, Iran, dan Inggris. 

 

Sekilas olahraga ini terlihat seperti permainan anak-anak gobak sodor, tetapi sebenarnya ada banyak perbedaan yang mendasar. 

Dalam satu permainan, tim dibagi menjadi dua, dan masing-masing terdiri dari tujuh pemain. Satu orang dari satu tim akan menyerbu kubu lawan dengan mencoba untuk menyentuh salah satu anggota tim lawan dan kembali ke area timnya. Menariknya, saat seseorang sedang menyerbu ke pihak lawan, ia harus meneriakkan "kabaddi, kabaddi, kabaddi" secara berulang-ulang sambil menahan nafas. Sebaliknya, tim lawan harus menahan penyerang tersebut hingga akhirnya tidak kuat lagi menahan nafasnya. Kabaddi kemudian masuk dalam cabang olahraga yang dipertandingkan pada Asian Games XI di Beijing pada tahun 1990 hingga saat ini.

#dukungbersama #asiangames2018

 

  • Share :