Aneka Produk UKM

250 UKM Siap Meramaikan Asian Games 2018

  • Thu, 26 July 2018

Stigma produk buatan dalam negeri minim kualitas nampaknya harus dikaji kembali. Pasalnya, menjelang Asian Games 2018, pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) semakin terpacu untuk meningkatkan kualitas produk, selain juga kapasitas produksinya. Mengingat event ini berskala internasional dan dihadiri 45 negara di Asia, tak heran jika mereka berbenah diri. 

 

Pemerintah menggandeng UKM dan industri kuliner untuk bersiap-siap menghadapi jumlah wisatawan asing yang akan berkunjung, baik ke Jakarta dan Palembang maupun kota-kota lain di Provinsi seperti Jawa Barat dan Banten. Tercatat sekitar 4.500 barang souvenir dan merchandise resmi Asian Games 2018 telah diproduksi. Jumlah tersebut masih akan bertambah untuk menghadapi target 170.000 jumlah wisatawan asing yang datang berkunjung. 

 

Produk-produk yang dihasilkan terlebih dahulu dikurasi untuk memastikan produk tersebut layak jual dan terjaga kualitasnya. Sebanyak 250 UKM telah terdaftar menjadi mitra resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam penyediaan pernak-pernik Asian Games 2018. 

 

Agar hasil produk UKM siap bersaing, Pemprov DKI Jakarta memberikan pelatihan ke 250 UKM tersebut. Meski demikian, para pelaku UKM pada akhirnya akan langsung menjual hasil produknya tanpa diperantarai oleh Pemprov DKI Jakarta. Jenis cinderamata yang diproduksi berukuran ringan seperti kaos, boneka, handuk, topi, dan selendang untuk kemudahan tamu mancanegara membawa pulang ke negara mereka. 

 

Yuk, dukung industri lokal dengan membeli merchandise resmi Asian Games 2018. #dukungbersama #asiangames2018

 

  • Share :