Aneka Produk UKM

Yang Khas dari Palembang

  • Tue, 22 May 2018

Asian Games 2018 digadang-gadang akan mendatangkan jumlah wisatawan asing ke Indonesia.Inilah kesempatan bagi UKM nasional untuk menunjukkan hasil karyanya lokal kepada dunia selain menambah pemasukan tentunya. UKM Sumatera Selatan tak terkecuali juga telah bersiap diri menawarkan berbagai keunggulan khas Palembang.

Pempek, yang awalnya disebut kelesan ini, menyumbang lapangan kerja terbesar di Palembang.

Kain tenun tradisional yang sayang jika dilewatkan yaitu songket. Kain khas Palembang yang ditenun dengan tangan menggunakan benang emas dan perak.

Selain kuliner, Batik Jupri, kain batik yang hampir di seluruh permukaannya dipenuhi motif burung kecil dan sulur daun.Sayangnya, karena keterbatasan pengrajin batik di Palembang, Batik Jupri diproduksi di Cirebon selama 200 tahun terakhir.

Hasil kerajinan Palembang yang menjadi komoditas ekspor nonmigas yaitu Lakuer. Berasal dari kata “lac” yaitu nama bahan damar yang dihasilkan oleh serangga Laccifer Lacca.Di Sumatera Selatan, pohon ini dikenal dengan nama pohon kemalo. Dibuat dari kayu berwarna dasar merah, hitam, dan kuning emas. Ciri khas dari Lakuer biasanya terdapat hiasan sulur-sulur daun dan hiasan fauna.

#dukungbersama #asiangames2018

 

  • Share :