Sosok Asian Games 2018

Friedrich Silaban Sang Arsitek GBK

  • Mon, 21 May 2018

Salah satu venue yang digunakan di pesta olahraga Asian Games 2018 nanti adalah Stadion Gelora Bung Karno (GBK). Tempat berolahraga, nonton konser, pertandingan, dan juga tempat nongkrong bersama teman dan keluarga.

Stadion GBK tentu sudah tak asing lagi di telinga kita. Namun tahukah kamu kalau arsiteknya adalah seorang arsitek otodidak? Adalah Friedrich Silaban, arsitek kesayangan Bung Karno yang dijuluki “By the Grace of God” karena memenangi sayembara arsitek Masjid Istiqlal.

Karya-karyanya bergaya modern tropis dan minimalis, menggabungkan budaya barat dan tradisional dengan ciri khas arsitekturnya selalu memiliki “topi” di bagian atap bangunan dan berbentuk limas. Ia dikenal sebagai “arsitek bersarung” karena kegemarannya menerima tamu hanya dengan menggunakan kaos oblong dan sarung.

Karya Silaban yang terkenal lainnya selain GBK diantaranya Masjid Istiqlal, Monas, Gedung BNI 46, Kantor Pusat Bank Indonesia, Gedung Bentol Istana Kepresidenan Cipanas, Gerbang Taman Makam Pahlawan Kalibata, dan Tugu Khatulistiwa. 

#dukungbersama #asiangames2018

 

  • Share :