8 Cara Membedakan Perhiasan Berlian Asli dan Palsu

By | February 20, 2021

5 Tips Mengetahui Ciri-Ciri Berlian Asli

Perhiasan berlian memiliki beragam daya tarik bagi para pencintanya. Bukan tanpa alasan, berlian dikenal memiliki bentuk dan kilau yang menawan. Selain itu, harga jual dari berlian juga terbilang tinggi. Hal itulah yang kerap kali memancing munculnya produsen yang kurang bertanggung jawab dengan mengedarkan dan menjual berlian palsu di pasaran.

Untuk itu, sebagai masyarakat awam, Anda harus selalu berhati-hati dan waspada pada saat hendak membeli berlian. Paling tidak, kita mengetahui cara untuk membedakan berlian asli dan palsu. Berikut ini adalah tips membedakan berlian asli dan palsu.

Cara Mengetahui Berlian Asli atau Palsu

1. Memiliki Warna Beragam

Banyak orang menganggap berlian hanya mempunyai warna bening. Padahal, sebenarnya ada banyak varian warna lain dari berlian seperti kuning, biru, dan juga pink. Berlian dengan warna tersebut merupakan jenis berlian yang cukup langka untuk dimiliki.

2. Tekstur Keras

Berlian dikenal sebagai batu permata yang mempunyai tekstur paling keras. Jadi, berlian yang asli pasti akan sulit untuk dipecah, terbelah, ataupun rusak. Jadi, jika Anda menemukan berlian yang mudah sekali pecah atau terbelah sudah pasti dipastikan bahwa berlian tersebut palsu.

3. Bisa Menggores Benda Lain

Karena memiliki tekstur yang sangat keras, berlian bisa memberikan goresan ke benda lain. Salah satu contohnya adalah jika berlian digoreskan ke kaca. Jika kaca tergores dan berlian tidak rusak maka bisa dipastikan jika berlian yang Anda miliki adalah asli. Sebaliknya, jika setelah menggores kaca berlian Anda pecah, maka keasliannya perlu dipertanyakan.

4. Hasil Cerminan Buram

Tips berikutnya adalah dengan mencoba melihat hasil cerminan berlian. Caranya cukup dengan menggunakan selembar koran. Anda dapat menaruh berlian di atas koran tersebut. Kemudian, perhatikan pantulan tulisan koran tadi di bagian berlian. Jika tulisan terlihat buram maka berlian Anda asli. Sedangkan jika tulisan koran dapat terlihat jelas, berlian tersebut adalah palsu.

5. Sulit Tergores

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, berlian memiliki tekstur yang sangat keras. Oleh karena itu, bagian dari berlian akan sangat sulit untuk mengalami goresan. Jadi, apabila Anda memiliki berlian dengan banyak goresan, maka keaslian dari berlian tersebut wajib dipertanyakan. Sedangkan jika berlian yang Anda miliki bersih dari goresan, maka berlian itu asli.

6. Dapat Merefleksikan Cahaya

Berlian yang asli dapat memantulkan cahaya dari sema sisinya. Hal itulah yang membuat kilau berlian terlihat begitu indah. Jika berlian yang Anda miliki tidak dapat merefleksikan cahaya di segala sisi maka berlian tersebut merupakan barang palsu.

7. Tes Dalam Air

Cara lain untuk mendeteksi berlian yang Anda miliki asli atau tidak adalah dengan memasukannya ke air. Apabila berlian tersebut dapat mengapung, maka batu permata tersebut palsu. Sedangkan jika berlian yang dimasukkan ke dalam air tenggelam, maka berlian tersebut asli.

8. Berlian Asli Tidak dapat Dipanaskan

Berlian yang asli memiliki sifat dapat menghilangkan kalor atau panas dalam waktu singkat. Jadi, apabila Anda memanaskan berlian dan berlian tersebut tidak menjadi panas, maka berlian itu asli. Namun sebaliknya jika berlian menjadi panas atau bahkan terbakar maka sudah jelas jika benda tersebut palsu.

Itulah tadi beberapa cara sederhana yang dapat Anda gunakan untuk membedakan berlian asli dan palsu. Ingat, sebagai pembeli kita harus mengetahui hal-hal dasar seperti di atas. Jika Anda ingin mendapatkan berlian asli dan terpercaya, toko berlian asli Diamond & Co adalah pilihan yang tepat. Informasi selengkapnya dapat diperoleh di diamondnco.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *