5 Tips Agar Perjalanan Menggunakan Bus Nyaman

By | November 2, 2020

Bus merupakan salah satu sarana transportasi umum jarak jauh yang paling banyak digunakan oleh orang di Indonesia. Banyak orang yang lebih memilih menggunakan bus dibandigkan sarana transportasi lainnya karena berbagai alasan. Salah satu alasan tersebut misanya soal jangkauan dan ketersediaan, Hal ini karena berbeda dengan angkutan umum jalur darat lainnya yakni kereta api yang hanya melayani di Pulau Jawa dan Sumatera saja, bus ada di hampir sebagian besar wilayah Indonesia. Kelebihan lain dari menggunakan bus yakni banyak pilihan, kita bisa memilih PO bus yang sesuai dengan keinginan kita baik dari fasilitas, jam keberangkatan maupun hal lainnya.

Di era new normal seperti sekarangpun sarana transportasi umum bus masih menjadi salah satu pilihan bagi sebagian orang. Meski pada awal awal new normal angkutan bus sempat menaikknan tarifnya akan tetapi mulai beberapa waktu lalu sudah banyak yang mulai menurunkan dan menyesuaikan tarifnya.

Jika saat ini andapun sedang akan bepergian jarak jauh lewat jalur darat maka menggunakan bus bisa anda jadikan pilihan. Nah beberapa tip di bawah berikut ini mungkin bisa anda terapkan agar perjalanan anda menggunakan bus lebih aman dan nyaman.

1. Pesan Tiket Secara Online
Karena saat ini pandemi belum benar benar selesai, maka sebaiknya kita perlu menghindari berkerumun dan berdesak desakan membeli tiket melalui di pool bus ataupun terminal. Dan pilihan membeli tiket secara online ini adalah salah satu pilihan yang cukup realistis. Apalagi saat ini layanan yang memungkinkan kita untuk melakukan booking tiket bus online ini sudah cukup banyak. Salah satunya adalah lewat traveloka. Seperti yang kita ketahui saat ini selain melayani pemesana tiket pesawat dan kereta api, traveloka juga melayani pemesana tiket bus untuk berbagai jurusan. Tercatat sampai saat ini sudah ada 60 lebih perusahaan bus yang bisa kita pesan tiketnya melalui traveloka. Saat memesan tiket online melalui traveloka ini kita juga akan mendapatkan berbagai info yang berhubungan dengan bus tersebut mulai dari rute, harga, fasilitas bus dan lain sebagainya. Kita juga bisa memanfaatkan promo promo yang diselenggarakan traveloka di even event tertentu misalnya saja saat travel fair pada bulan november ini.

2. Manfaatkan Diskon yang Ada
Mendapatkan bus dengan harga tiket yang lebih murah dari biasanya tentunya cukup membantu terutama bagi kita yang memiliki keuangan pas pasan. Dan untuk mendapatkan diskon ini kita bisa memanfaatkan sejumlah promo yang biasanya digelar oleh agen agen bus baik offline ataupun online.

Untuk promo yang sifatnya online kita bisa menggunakan berbagai promo yang diselenggarakan oleh traveloka . Salah satunya adalah lewat promo EPIC Sale dari traveloka. Melalui promo ini kita akan bisa mendapatkan potongan harga untuk pemesana bus dan travel hingga 40.000 rupiah serta masih ada tambahan diskon hingga 20% yang bisa kita manfaatkan untuk lebih menghemat pengeluaran.

3. Pastikan Kondisi Tubuh Sehat
Sebelum menggunakan sarana transportasi bus pastikan tubuh anda dalam kondisi yang sehat dan tidak memiliki gejala gejala terkena covid ataupun penyakit berat lainnya. Untuk saat ini biasanya kru bus akan memeriksa temperatur tubuh penumpang sebelum memasuki bus, jika penumpang memiliki suhu tubuh tinggi maka tidak diizinkan menaiki bus.

4. Tetap Terapkan Protokol Kesehatan
Pentung bagi kita yang menggunakan bus untuk tetap menerapkan protokol kesehatan baik sebelum, saat dan sesuda menggunakan bus. Diantara protokol kesehatan tersebut antara lain adalah dengan menggunakan masker, melakukan physical distancing (jaga jarak), cuci tangan atau gunakan hand sanitizer.

5. Siapkan dan Bawa Barang Barang yang Dibutuhkan Dalam Perjalanan
Beberapa barang yang perlu untuk kita persiapkan jika kita akan menggunakan bus untuk perjalanan jarak jauh antara lain adalah hand saitizer, makanan dan peralatan makan, sarana komunikasi (HP), dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *